Rehabilitasi, Rekonstruksi dan Pemberdayaan Aceh

Banyaknya korban jiwa yang disebabkan oleh bencana gempa bumi dan tsunami menjadi salah satu pertimbangan disusunnya program pembangunan Kompleks Pusat Pelatihan.

Tingginya angka korban jiwa, berdampak pada berkurangnya ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang memadai. Keberadaan Kompleks Pusat Pelatihan nantinya diharapkan mampu membentuk SDM yang berkualitas dan berkompeten. Pembangunan Kompleks Pusat Pelatihan terletak di Desa Meunasah Manyang, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar dengan menempati area tanah seluas 15.000 m2. Di dalam kompleks pusat pelatihan ini, dibangun beberapa bangunan yang bertujuan untuk mendukung terbentuknya SDM yang berkualitas, seperti : – Gedung pusat pelatihan. – Kompleks Radio Aceh News FM. – Asrama yatim piatu tingkat SMA korban gempa bumi dan tsunami yang sekaligus menjadi “guest house” untuk peserta pelatihan. – Kompleks pemberdayaan ekonomi. – Kompleks kantor lembaga sosial.

Sehubungan dengan banyaknya program pembangunan yang dilakukan di kompleks ini, YND mengajak berbagai pihak untuk mendanai program ini. Beberapa perusahaan yang telah mempunyai komimen berpartisipasi dalam pembangunan kompleks ini adalah : 1. Pembelian tanah kompleks dilakukan dengan dana yang berasal dari Masyarakat Peduli Indonesia (gabungan artis-artis Jakarta), PT. Cabot Indonesia, CWT Globelink Indonesia, dan Radio Netherland. 2. General Electric Foundation membiayai pembangunan pusat pelatihan dan sebuah asrama. 3. Bank Rakyat Indonesia membiayai pembangunan sekretariat ORARI dan RAPI. 4. Radio Netherland membiayai pembangunan gedung radio dan pembangunan tower radio. Proses pembangunan Kompleks Pusat Pelatihan telah dimulai sejak bulan September 2005.