Schneider Electric Bantu Pusat Pelatihan

Sebagai wujud komitmen tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat, Schneider Electric melakukan serah terima bantuan peralatan listrik kepada Yayasan Nurani Dunia yang akan digunakan di Bantul Electrical Training Centre (BETC).

BETC merupakan pusat pelatihan yang didirikan oleh Schneider Electric sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan serta memfasilitasi pengenalan tentang peralatan pengelolaan energi listrik guna meningkatkan kompetensi masyarakat Bantul dan sekitarnya dalam bidang kelistrikan.

Peralatan listrik yang diserahkan kepada BETC adalah panel tegangan menengah. Fasilitas ini dapat langsung digunakan oleh masyarakat di antaranya siswa sekolah menengah kejuruan, profesional sektor kelistrikan dan khalayak umum. Dengan adanya fasilitas tersebut diharapkan masyarakat Bantul dan sekitarnya dapat meningkatkan pengetahuan mereka mengenai sistem kelistrikan sehingga dapat menjadi tenaga kerja ahli siap pakai. Riyanto Mashan, Country President Schneider Electric Indonesia, menjelaskan BETC merupakan bentuk komitmen Schneider Electric dalam meningkatkan kualitas potensial masyarakat terutama masyarakat Bantul dan sekitarnya.

“Dengan adanya BETC ini diharapkan Masyarakat akan mendapatkan praktik simulasi selayaknya di dunia kerja mengenai sistem kelistrikan seperti pengoperasian dan perawatan panel tegangan menengah,” ujar Riyanto disela-sela peninjauan ke pabrik Schneider Electric di Kawasan EJIB Cikarang, Jawa Barat. Sementara itu Imam B. Prasodjo selaku Direktur Yayasan Nurani Dunia menyambut positif upaya yang dilakukan Schneider Electric.

“Yayasan Nurani Dunia menyambut baik inisiatif dari Schneider Electric dalam peningkatan mutu pendidikan masyarakat. BETC yang didirikan oleh Schneider Electric ini diharapkan dapat melatih masyarakat untuk menjadi tenaga kerja ahli di masa yang akan datang, sehingga link and match antara dunia pendidikan dan dunia industri dapat terwujud,” kata Imam B. Diakui Imam, kerjasama antara Yayasan Nurani Dunia dan Schneider Electric bukan hanya kali ini saja namun sebelumnya sudah terjalin.

Kerjasama Schneider Electric dengan Yayasan Nurani Dunia ini merupakan komitmen Schneider Electric dalam mewujudkan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat. Kerjasama telah dimulai sejak 2004 dalam penyerahan bantuan Schneider Electric kepada korban tsunami Aceh dan juga pada 2006 dengan penyerahan bantuan kepada korban gempa Yogyakarta. Kali ini, Yayasan Nurani Dunia akan berperan dalam menyalurkan peralatan listrik yang diserahkan oleh Schneider Electric serta memonitor pengelolaan Bantul Electrical Training Centre secara langsung. (Erman)